LPD Meliling Go Digital

KERAMBITAN - Lembaga Perkreditan Desa (LPD) sudah terbukti mampu menggerakkan perekonomian masyarakat di pedesaan. Karenanya, lembaga yang digagas Gubernur Bali Prof. Ida Bagus Mantra, pada 1983 tersebut terus berkembang mengikuti denyut perekonomian dunia. LPD sebagai lembaga keuangan mikro milik desa Pekraman mampu menunjukan eksistensinya sebagai lembaga keuangan mikro yang tumbuh dan berkembang, dikelola, serta didedikasikan untuk masyarakat.

Ditengah maraknya persaingan antar lembaga keuangan, mau tidak mau LPD harus mampu mengembangkan diri. Termasuk mengimlementasikan teknologi informasi (IT) sehingga memudahkan pelayanan bagi nasabah serta meningkatkan kepercayaan mereka.

Di Kabupaten Tabanan, salah satu LPD yang teklah mengaplikasikan penggunaan IT ini, adalah LPD Meliling. Menurut Ketua LPD Meliling I Nyoman Duantara, penggunaan IT di LPD adalah sebuah keniscayaan.

“Kami ingin mendekatkan pelayanan kepada semua kalangan termasuk generasi milenia” Ujarnya Senin(1/10/2018)

Menurut pria yang sejak 2005 dipercaya mengelola LPD Meliling itu, dengan menerapkan teknologi digital – LPD Go Digital - maka transaksi yang dilakukan bisa secara transparan dan akuntabel. Dengan demikian pengelola LPD tidak akan merasa was-was, karena warga atau nasabah bisa secara langsung mengawasinya.  (*/adv)

Komentar