BPBD Tabanan Finalisasi Informasi Lapangan Renkon Tsunami

TABANAN - Untuk memberikan gambaran tentang rencana penyelenggaraan Uji Lapang Rencana Kontijensi (Renkon) Tsunami serta sebagai Pedoman dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan Uji Lapang Renkon Tsunami di Kabupaten Tabanan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tabanan melakukan kegiatan Penyusunan dan Finalisasi Rencana Informasi Lapangan (RIL),  Senin (3/12/2018) di Ruang Rapat Dinas Tenaga Kerja Tabanan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa, Kepala BPBD Tabanan I Gusti Ngurah Sucita, OPD terkait, Tagana, PMI, Pramuka Peduli, SOS Desa Taruna Bali dan peserta dari 12 Desa Pesisir.

I Gusti Ngurah Sucita menjelaskan adapun latar belakang kegiatan ini yakni untuk mempersiapkan dengan sebaik-baiknya pelaksanaan uji lapang rencana kontijensi ancaman tsunami Kabupaten Tabanan tahun 2018.

“Uji lapang di daerah merupakan salah satu metode latihan yang dilaksanakan oleh seluruh unsur pelaku sesuai dengan bidang tugasnya dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilannya. Disamping itu juga sebagai metode untuk menguji kemampuan instansi yang dilaksanakan di daerah bencana yang mendekati situasi dan kondisi sebenarnya.” jelasnya.

Pihaknya mengatakan berdasarkan nota kesepahaman BNPB dengan pemerintah kabupaten Tabanan yang berlaku untuk jangka waktu 5 tahun, pada akhir 2018 ini Pemkab Tabanan diberikan alokasi dana untuk kegia