Penghargaan Pembangunan Daerah Bappenas 2019 : Kabupaten Tabanan Terbaik ke 3

JAKARTA - Kabupaten Tabanan kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Kementerian PPN/ Bappenas memberikan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) terbaik ke 3 untuk katagori kabupaten. Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada acara Musrenbangnas 2019 di Jakarta, diterima Wakil Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE.MM, Kamis (9/5/2019).

PPD diberikan kepada pemerintah daerah dengan perencanaan pembangunan terbaik, dimana pada 2019 diberikan kepada 3 provinsi, 3 kabupaten dan 3 kota terbaik, serta 1 penghargaan khusus.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, penilaian ihwal siapa yang menjadi pemenang kini lebih komprehensif. Menurut Bambang, tidak hanya mempertimbangkan unsur perencanaan, namun juga pencapaian pembangunan daerah.

“Penjurian dilakukan melalui proses berjenjang dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk dari kalangan profesional, akademisi serta praktisi pembangunan,” kata Bambang Dia menyampaikan, objek dan ruang lingkup penilaian juga mencakup dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dan proses penyusunan RKPD. Selain itu juga mengenai pencapaian pelaksanaan dokumen RKPD dan inovasi yang dikembangkan.

“Selain itu juga penilaian khusus terkait pelaksanaan pembangunan di daerah,” pungkasnya.

Adapun penghargaan pembangunan diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada kepala daerah yang menjadi pemenang. Pasca menyerahkan penghargaaan, Jokowi langsung memberikan arahan sekaligus membuka Musrenbangnas 2019 serta meluncurkan Visi Indonesia 2045.

Berikut Peraih Penghargaan Pembangunan Daerah 2019:

Kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik Tingkat Provinsi: Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Sumatera Selatan

Kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik Tingkat Kabupaten: Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Tabanan.

Kategori Perencanaan dan Pencapaian Terbaik Tingkat Kota : Kota Semarang, Kota Denpasar, Kota Makassar.

Kategori Penghargaan Khusus Pembangunan Infrastruktur Daerah Skema KPBU : Kota Semarang. (***/adv)

Komentar