Bupati Eka Tutup Tabanan Kite Festival 2017

KEDIRI – Setelah sukses digelar akhir pekan lalu, Tabanan Kite Festival 2017 resmi ditutup pada Senin malam (18/9/2017) di Banjar Batugaing Kaja, Desa Beraban, Kediri. Event untuk pertama kalinya itu ditutup Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dengan dibarengi penyerahan hadiah kepada para pemenang.

 Setidaknya ada tiga puluh lebih dari sekitar 1.500 layangan, baik dari Tabanan maupun luar Tabanan, yang ditetapkan sebagai juara dalam event ini. Dari jumlah itu, layangan milik Ngider Buana Kite dari Banjar Pejaten, Kediri, Tabanan yang berlomba pada jenis Pecukan Khas Tabanan berhak atas piala bergilir Bupati Tabanan.

 Melihat pesertanya yang mencapai ribuan, Bupati Eka menyatakan rasa bangganya atas kesuksesan pelaksanaan lomba layang-layang yang diselenggarakan Persatuan Layang-layang Indonesia (Pelangi) Tabanan ini. Terlebih, kegiatan ini baru pertama kalinya digelar namun sudah mendapatkan respon yang begitu antusias dari para penghobi olahraga permainan ini.

 “Pertama saja sudah sukses. Kedua dan ketiga harus tambah sukses lagi,” cetusnya di saat memberikan sambutan.

 Dia menegaskan, dirinya sangat mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut. Sebab, olahraga permainan ini merupakan salah satu bentuk kebudayaan yang dimiliki Indonesia, khususnya Bali, yang notabene erat dengan budaya agraris.

 “Ini hal yang penting untuk dilanjutkan, dikembangkan, dan dikenalkan. Kegiatan ini merupakan bentuk kecintaan kita terhadap budaya bangsa,” imbuhnya.

 Karena itu, dia berharap, pelaksanaan Tabanan Kite Festival kedepannya harus lebih baik lagi. Dan, dia mengingatkan agar pelaksanaannya nanti tetap mengacu pada semangat kebersamaan dan persatuan.

 “Kebersamaan itu yang patut untuk dihargai. Dan, kegiatan ini memberikan aura positif. Di saat semuanya saling ribut dengan urusan macam-macam, di Tabanan kita terus mengadakan festival untuk menghibur masyarakat. Sehingga, kita berharap Tabanan akan lebih dikenal lagi oleh wisatawan lokal maupun internasional,” ungkapnya.

 Antusiasme peserta yang ikut dalam lomba ini juga sempat diungkapkan Ketua Pelangi Tabanan I Made Edi Wirawan. “Padahal ibarat manusia, kita ini masih anak kecil yang baru lahir. Tapi sambutan untuk Tabanan Kite Festival 2017 sudah luar biasa,” tegas Edi yang juga anggota DPRD Kabupaten Tabanan.

 Hal tersebut, kata dia, tidak lepas dari dukungan Bupati Eka yang baik secara moril maupun materi seperti diungkapkan saat pengurus Pelangi Tabanan audiensi. Begitu juga dengan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan ini. Seperti warga Banjar Batugaing Kaja dan Sinjuana serta aparat keamanan dari unsur TNI dan Polri.

 “Karena ini pertama kalinya, pastinya ada yang belum sempurna dalam pelaksanaannya. Tapi kami menaruh apresiasi yang tinggi karena kerja tim dari penyelenggara,” katanya.

 Di kesempatan yang sama, Edi berharap pelaksanaan Tabanan Kite Festival ini akan berlanjut lebih spektakuler lagi. Bahkan, kepada pengurus Pelangi Bali dan Bupati Eka, pihaknya berharap agar pelaksanaan event yang sama di tahun depan jauh lebih meriah dan berskala internasional. (*) Channel : https://youtu.be/lHGN6iQCTS0

 

Komentar