JCI Tabanan Menyelenggarakan Workshop Singkat Jurnalistik & Fotografi

TABANAN - Realisasi program sosial ke masyarakat yang bersifat edukatif,  organisasi JCI Tabanan menyelenggarakan workshop singkat jurnalistik dan tehnik dasar fotografi secara gratis kepada kalangan siswa dan mahasiswa pada hari Rabu, (27/9/2017). Pelatihan digelar di Restaurant Manik Kakul Kediri menghadirkan narasumber I Ketut Mardiana, SE dan Gatot Tri Widianto, SH.   Kedua narasumber merupakan praktisi dibidangnya.

Tjuang digelarnya pelatihan mengingat saat ini bidang jurnalistik dan fotograpi banyak mengalami perubahan karena berkembangnya IT yang semakin pesat namun esensinya tetap sama memberikan sebuah informasi. Selain mengajarkan tehnik dasar jurnalistik dan fotograpi kunci sukses memahami dan menguasai bidang tersebut adalah dengan banyak latihan. Nantinya akan memiliki gaya dan seni tersendiri tergantung dari bakat masing-masing.

Peserta berjumlah 30 orang tersebut, antusias mengikuti workshop ini, karena pada sesi jurnalistik mereka juga mendapat pemahaman jurnalistik radio dalam era media sosial, radio sudah melawan kodrat, radio tidak hanya didengar, dibaca namun  juga bisa ditonton.

Mengatasi masukan peserta saat berbicara didepan umum, didepan kamera, didepan ruang siaran radio merasa gugup dan tidak percaya diri, narasumber Gatot Tri Widianto memberi tips untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satunya adalah berimajinasi. “Gunakan imajinasi dan sering-seringlah berlatih itu semua ada prosesnya” Ujarnya.

Pada kesempatan tersebut JCI Tabanan memberi ruang kepada peserta yang ingin memgembangkan kemampuan tehnik berbicara didepan umum melalui pelatihan Public Speaking yang disampaikan oleh Past Local President 2014  JCI Tabanan Putu Panca Wardani.

Sementara Subadianta Local President JCI Tabanan 2017 mengatakan bahwa kegiatan ini dirangkai dengan local convention artinya ada estafet kepengurusan. Selama setahun sebagai pengurus telah melaksanakan beberapa kegiatan antara lain : cara cerdas menjadi pengusaha digital, interpersonal skill, inauguration, bedah rumah, bantuan kursi roda, pelestarian budaya talkshow etika berbusana kepura, diskusi pertanian, JCI brotherhood camp,  workshop jurnalistik dan fotograpi, seminar wirausaha dan terakhir seminar pendidikan budi pekerti berdasarkan kitab suci wedha serta donation ke panti asuhan “ terangnya.

Setelah acara workshop dilaksanakan acara pelantikan pengurus  estafet ke pengurus JCI Tabanan 2018. Yang selanjutnya untuk memegang komando Junior Chamber International Tabanan adalah Mahaputra. Acara pelantikan dihadiri oleh tokoh senior JCI Bali Gusti Made Bagus Damara dan Made Miantara Past Local President JCI Tabanan 2015 .

Untuk diketahui, JCI telah berumur 102 tahun dan tersebar kurang lebih di 127 negara merupakan organisasi nasional pemuda non-politik dan non-sektarian, bagian dari organisasi kepemudaan internasional terbesar di dunia yang berafiliasi pada PBB. Organisasi ini merupakan komunitas internasional berusia antara 18 sampai 40 dengan maksud dan tujuan untuk menciptakan perubahan positif di seluruh dunia. (Badi)

Komentar