Bakti Sosial Panitia HKN ke-49 Tabanan : Dari Sikat Gigi Bersama sampai Bedah Minor

SELEMADEG – Rangkaian kegiatan menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke -49 tahun 2013, jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan melaksanakan Bakti Sosial Kesehatan Komprehensif Jumat (9/11/2013). Kali ini menyasar Desa Wanagiri, Kecamatan Selemadeg. Hampir seluruh komponen kesehatan terlibat, seperti IDI, PPNI, HAKLI, PERSAGI, IBI, IAI, PDGI. Mereka bergabung bahu membahu melayani masyarakat. Tidak ketinggalan dari unsur Dinas Kesehatan seperti , BRSU Tabanan, RS Swasta, Puskesmas, Apotek, STIKES Advaita.  Menurut Ketua Pelaksana dr IB Wisnu Wardana M.Kes, pelayanan kesehatan preventif yang dilaksanakan meliputi kegiatan promosi kesehatan yaitu demo cuci tangan, pembagian garam beryodium, pemberian seperangkat alat pembersih gigi, kunjungan rumah, penyerahan bingkisan dan promosi kesehatan lainnya.

“Dalam pelayanan pengobatan mulai dari pelayanan kesehatan umum sampai pelayanan kesehatan spesialis” Jelas pria yang juga menjabat Kepala Puskesmas Tabanan 3 ini.

Bakti Sosial yang melibatkan 6 dokter spesialis BRSUD Tabanan itu mendapat perhatian warga setempat. Sejak jam 7 pagi, warga telah menanti aksi kemanusiaan itu. Mereka memeriksakan diri di pos bedah, anak, THT, mata, kulit dan penyakit dalam serta pos lainnya. Jumlah warga yang dilayani mencapai 320 orang termasuk 10 pasien mendapat tindakan bedah minor dan 69 orang mendapat tindakan gigi. Sedangkan demo sikat gigi masal dilakukan di Sekolah Dasar No 1, 2 dan 4 Wanagiri yang melibatkan setidaknya 500 murid. Semua peserta diberikan paket alat gosok gigi sumbangan sponsor. “Selain mendapat pelayanan pengobatan warga juga diberikan sabun mandi, garam beryodium dan abate gratis” Ujarnya. 

Kepada Jaya Pos, Kepala Dinas Kesehatan dr. Nym. Suratmika  mengaku senang dengan tingginya antusiasme masyarakat dengan aksi tersebut. Ia berterimaksih kepada segenap jajaran desa terutama kepada Perbekel Wanagiri yang telah bekerja-sama dengan baik. “Kami respon permintaan desa untuk melaksanakan kegiatan serupa nantinya” Ujar Suratmika. (***/Jay

Komentar