Kunker Bupati Eka di Tiga Kecamatan : Investasi Hati untuk Rakyat

SELBAR - Tiga kecamatan menjadi tujuan kunjungan kerja Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. Kunker ini sebagai langkah evaluasi program yang telah dluncurkan Pemkab Tabanan sekaligus menjadi ajang penyerapan aspirasi langsung dari masyarakat. “Kita memiliki berbagai program unggulan untuk mewujudkan Tabanan Serasi” Ujar bupati disela-sela kunkernya.

Ia menyebut kunker ini sebagai investasi hati untuk rakyatnya. Sebuah investasi untuk masa depan Tabanan yang makin baik dan selalu lebih baik. “Dengan melihat dan mendengarkan langsung apa yang ada di masyarakat, kita bisa merencanakan program berikutnya yang tepat sasaran” Imbuhnya.

Senin (8/9) Bupati Eka mengawali kunkernya di Kecamatan Marga, di Desa Tua, Marga. Disini bupati menyapa langsung warga yang mendapat pelayanan Mobil Sehat Serasi.

Dalam kesempatan itu,  I Made Mudastra Perbekel Desa Tua mengucapkan terimakasih dengan pelayanan mobil sehat  yang memberikan pengobatan gratis. “Ini sangat membantu masyarakat kami dalam bidang kesehatan” Ujarnya.

Di Desa Tua, beberapa program GIS pada tahun 2011 sudah dilaksnakan sepanjang 300 m di Subak Samsam, Sedangkan di tahun 2014 ini akan dilaksanakan pembetonan di Desa Adat Tua. Dalam program Gerbang Emas, Desa tua mendapat bantuan bedah warung. Sedangkan untuk perbaikan wantilan, bupati berjanji mengalokasikan dana 100 juta.

Kunjungan di Kecamatan Tabanan, bupati dan rombongan  memantau Desa Tunjuk dan Buahan, Rabu (10/9). Di Desa Tunjuk,  selain meninjau Kantor Perbekel dan meninjau program GIS, Bupati Eka juga menyerahkan bantuan tempat sampah yang merupakan kerja sama dengan Ekalawya Educare Foundation.  Dalam perjalanannya, bupati juga sidak di SD No 1,2,4, Tunjuk sekaligus merencanakan memberikan bantuan DAK di 2015. Kemudian di Pura Desa Tunjuk, bupati menanam pohon Sandat Serasi.

Dalam kunkernya di Desa Buahan Bupati Eka meresmikan jalan GIS yang menghubungkan Banjar Beng dengan Banjar Buahan. Disinipun bupati menyerahkan tempat sampah dan menanam pohon Sandat Serasi di Pura Puseh Desa Buahan yang dilanjutkan dengan meninjau Bedah Warung Serasi Bu Alit. Kepada warga I Wayan Sedenf, bupati memberikan bantuan kursi roda dan biaya perawatan Rp 2 juta.

Kunker di Kecamatan Selemadeg Barat, Bupati Eka mengawali kunjungannya di Desa Selabih. Kamis (11/9). Sampai di Kantor Perbekel Selabih, bupati langsung menyatakan kekagumannya dengan panorama laut yang indah. Mendengarkan laporan Perbekel Selabih Ketut Latera tentang pembangunan di desanya, bupati memberikan apresiasi. Tentang rencana pembangunan pasar desa, bupati meresponnya dan segera melakukan pengkajian lebih dalam oleh instansi terkai seperti Bappeda maupun PU. “Saat ini anggaran pembangunan pasar ini memang belum dianggarkan, namun saya akan kawal itu untuk terealiasi,”  janji bupati

Di desa pesisir paling barat ini Bupati Eka  juga menyerahkan bantuan kepada nelayan. Ia juga menyakiskan dari dekat pengepul lobster Gede Sumerta.

Usai mengunjungi Desa Selabih, perjalanan bupati dilanjutkan ke Desa Lalang Linggah. Di sini bupati tertarik dengan pengembangan wisata desa. Potensi wisata yang selama ini ada di salah satu desa wisata Kuta misalnya, ternyata membawa dampak alih fungsi lahan yang  memerlukan kontrol yang ketat. “Desa wisata salah satu bagian dari program Gerbang Wisata diharapkan  mampu meningkatkan ekonomi kerakyatan. Namun jangan sampai alih fungsi lahan justru menjadi masalah baru. Disinilah letak keseimbangan dalam hal memantau lebih serius” Imbuhnya. (***)

 

Komentar