Menuju Tabanan Bebas Kanker Serviks Tahun 2016 : Pemeriksaan IVA Masal Digelar di Kecamatan

SELEMADEG - Memantapkan Tabanan bebas kanker serviks pada tahun 2016, Pemkab Tabanan melalui Dinas Kesehatan kembali melaksanakan pemeriksaan IVA masal. Pemeriksaan IVA masal ini dikaitkan pula dengan datangnya HUT ke-521 Kota Tabanan. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan Dokter Nyoman Suratmika menjelaskan berbeda dengan tahun lalu yang dilaksanakan dipusatkan di Puskesmas Tabanan III, pemeriksaan IVA masal tahun ini dilaksanakan di kecamatan. “Untuk mempercepat tercapainya target atas petunjuk pimpinan kami jemput bola sampai kecamatan” Ujar Suratmika saat memantau pelaksanaan IVA di Puskesmas Selemadeg, Kamis (16/10).

Pelaksanaan IVA oleh Tim IVA Puskesmas menurut Suratmika cukup efektif dan efisien karena saat ini tim IVA Puskesmas mampu bekerja mandiri didukung dengan SDM yang terlatih dan memiliki alat krioterafi. “Masayarakat juga bisa dilayani lebih dekat” imbuhnya.

Dijelaskan pula, pemeriksaan IVA yang dilaksanakan sejak 2010 memberikan data kejadian kanker serviks lebih cepat.  Tahun 2009 terdapat 57 orang, tahun 2010 (44 orang), tahun 2011 (53 orang), tahun 2012 (60 orang), tahun 2013 (74 orang) dan tahun 2014 sampai bulan Agustus mencapai 30 orang. Menurut Suratmika, meningkatnya kejadian kanker serviks tersebut karena peningkatan jumlah wanita yang melakukan skrining dengan metode IVA. “Bila ditemukan kasus yang dicurigai kanker kami akan lakukan pemriksaan lebih lanjut, sedangkan apabila ditemukan lesi pra kanker akan langsung diobati dengan kriyoterapi” Jelasnya.

Disamping melakukan pemeriksaan IVA reguler, dikatakan Suratmika, pihaknya dengan 2 Mobil Sehat telah menjadwalkan pemeriksaan terjadwal masing-masing mobil dengan 100 titik lokasi. “Dalam tindakan pencegahan, kami melaksanakan vaksinasi human pappiloma. Vaksinasi ini akan memutus rantai penularan” Pungkasnya. (Put)

Komentar