Tahun 2016, Tabanan Lanjutkan Bangun RS Nyitdah

BATURITI - Dari rencana pembangunan 8 unit gedung Rumah Sakit Nyitdah, tahun 2016 ini akan dibangun 1 unit dengan pagu anggaran 20 milyar rupiah. Hal tersebut dikatakan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti didampingi Kepala Bappeda Ida Bagus Wiratmaja dan Direktur Rumah Sakit Tabanan Dokter Nyoman Susila.

Kepada Jaya Pos, Minggu (12/6/2016) Bupati Eka memaparkan, dari  dari 8 unit saat ini sudah dibangun dan berfungsi sebanyak 2 unit, tahun 2016 dibangun 1 unit, sehingga sisanya lagi 5 unit direncanakan dalam pembangunan tahap berikutnya. “Nantinya seluruh pelayanan di Rumah Sakit Tabanan akan dipusatkan di Nyitdah. Sedangkan lokasi rumah sakit yang sekarang akan dibangun ruang terbuka untuk publik” Ujar bupati.

Ditambahkan oleh Wiratmaja, RS Nyitdah direncanakan akan memuat 400 sampai 500 bed karena merupakan RS rujukan regional dan RS pendidikan. “Sebenarnya kebutuhan bed hanya 400 berdasarkan spm nasional” kata pria yang akrab disapa Gus Wirat.

Tahun 2016 ini dibangun konstruksi dulu dengan biaya 20 milyar dari APBD kabuaten. Selanjutnya pembangunan akan dilakukan dengan melakukan pinjaman jangka panjang ke pusat senilai kebutuhan total pembangunan RS Nyitdah, sekitar 400 milyar. “Kami tengah mengkaji dengan matang” Jelasnya.

Sedangkan pembangunan tahun 2016 dengan anggaran 20 milyar itu bisa untuk konstruksi gedung, lantai 1 dan 2 non finishing dan finishing di lantai 3 dengan 11 ruangan rawat inap dengan 22 bed. (*/JP)

Komentar