Bupati Eka Serahkan 200 unit Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya

PUPUAN –  Tahun 2016 ini Pemerintah Kabupaten Tabanan melalui Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mendapat bantuan 200 unit Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera). Bantuan 200 unit tersebut diberikan untuk 5 desa di Kecamatan Pupuan, Tabanan sesuai dengan Keputusan Dirjen Direktorat Penyediaan Perumahan dan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Eka di Balai Serbaguna Desa Bantiran, Kecamatan Pupuan, Senin (22/8/2016).

Turut hadir dalam acara tersebut Kasi Pelaksanaan Wilayah I Sub Pelaksanaan Bantuan Stimulan Pusat Bambang Resti Irawan, Kepala Dinas PU Tabanan I Gusti Ngurah Anom Antara, Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Gatot Hariawan, Camat Pupuan I Putu Arya Suta, serta tokoh masyarakat setempat.

Bupati Eka dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pihak Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang telah mengalokasikan dana di Kabupaten Tabanan. “Kami selaku Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih  kepada Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang telah mengalokasikan dana di Kabupaten Tabanan, walaupun di tahun 2016 ini baru memperoleh 200 unit dengan nilai kegiatan Rp.2.665.000.000,” katanya.

Pihaknya mengatakan di tahun mendatang diharap kegiatan ini dapat terus ditingkatkan karena masih banyak Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang sangat membutuhkan hunian. “Kami berharap tahun mendatang keberlanjutan bantuan stimulan ini dapat terus ditingkatkan karena masih banyak masyarakat kami yang kategori MBR, kurang lebih sebanyak 3.070 unit yang tersebar di 10 kecamatan dimana mereka sangat membutuhkan sebagai upaya memiliki hunian yang layak,” ungkapnya.

Dirinya berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat yang mendapatkan. “Kepada masyarakat penerima bantuan, manfaatkan bantuan secara maksimal dan sangat diharapkan bisa berswadaya sesuai dengan amanat pelaksanaan program BSPS ini,” ujarnya.

Dirinya juga berharap agar Kabupaten Tabanan dapat diprioritaskan tahun mendatang khususnya dalam rangka mensukseskan program di bidang sanitasi. “Kepada pihak kementrian khususnya untuk Kabupaten Tabanan agar dapat diprioritaskan dalam tahun mendatang, termasuk dalam rangka mensukseskan program 100-0-100 yaitu bidang sanitasi, pemukiman kumuh dan ketersediaan air minum layak,” imbuhnya.

Sebelumnya, Pemkab Tabanan mengajukan permohonan bantuan sebanyak 500 unit untuk Kecamatan Pupuan dan Marga. Berdasarkan permohonan tersebut pihak Kementrian baru bisa merealisasikannya di tahun 2016 untuk Tabanan sebanyak 200 unit. Realisasi dana tersebut terdiri dari katagori PK Ringan 16 Unit @7.5 juta, PK Sedang 43 Unit @10 juta, PK Berat 141 unit @15 juta. Jumlah dana terserap sebanyak Rp 2.665.000.000, dan sisanya Rp 335.000.000 sudah ditindaklanjuti dengan usulan khusus di wilayah Pupuan dan Pujungan pada kawasan kumuh.  (HumasTabanan)

Komentar