Desa Munduk Temu Andalkan Salak, Kopi dan Durian

PUPUAN - Sebagian besar warga Desa Munduk Temu bermata-pencaharian sebagai petani. Perkebunan menjadi andalan. Desa yang masuk wilayah Kecamatan Pupuan ini dikenal sebagai penghasil salak gula terbesar di Tabanan. Disamping itu, kopi Robusta dan durian khas Pupuan juga menjadi produk unggulan.

Hal itu diungkapkan Perbekel Desa Munduk Temu Nyoman Wintara, Senin (3/10/2016). “Produk desa kami sudah dikenal sampai ke luar daerah. Kami selalu mendidik petani untuk menjaga kwalitas hasil produksi” Jelasnya.

Dikatakan, ada puluhan kelompok yang dibina dengan unggulan masing-masing. Bahkan kopi Robusta Munduk Temu sering mendapat kunjungan daerah lain untuk dijadikan percontohan. “Saat ini kami fokus untuk meningkatkan kwalitas disamping peningkatan luas penanaman” Imbuhnya.

Di bidang infrastruktur, jalan yang melintasi desa sepanjang 8 kilometer sudah disentuh aspal sepanjang 6 kilometer. Kemudian ada pembangunan Puskesmas Pembantu, jalan usaha tani dan jalan produksi. Desa Munduk Temu juga menjadi bagian program Gerbang Pangan Serasi melalui pengembangan ternak kambing Etawa. “Kami juga terus mengembangkan pengolahan pupuk organik dan pembibitan kopi Robusta: Jelas Wintara. (*/P)

Komentar