Desa Selanbawak Rintis Desa Wisata Religi

MARGA - Desa Selanbawak, Kecamatan Marga, memiliki keindahan alam yang mempesona. Di ujung desa yang berbatasan dengan Desa Delod Puri Marga, terdapat jembatan di atas sungai yang airnya bersih bening dan mengalir pelan. Di sungai ini terdapat Beji Pancoran Solas yang dikenal sebagai tempat penglukatan. Oleh warga setempat, diyakini bisa menyembuhkan segala macam penyakit kulit. “Sudah banyak terbukti, jika berendam dengan air dari beji ini bisa menyembuhkan penyakit kulit” kata Ketua Pokdarwis Selanbawak Ketut Daryanta, Jumat (30/0).

Tidak jauh dari Beji tersebut, terdapat gundukan lahan yang dinamakan Munduk Cemani. Tempat inipun diyakini sebagai tempat pengobatan untuk penyakit gangguan jiwa. Di seblahnya, terdapat goa lengkap dengan air terjunnya. Goa yang luasnya sekitar 10 meter persegi ini konon tembus sampai ke Tanah Wuk Sangeh, Badung.

Menurut Daryanta, memiliki potensi spiritual seerti itu, Desa Selanbawak mencoba merintis sebagai objek wisata. “Kami sudah melakukan penataan awal. Namun masih banyak yang harus dilengkapi” Jelasnya.

Saat ini lokasi objek tersebut telah dibuatkan jalan setapak berundag sehingga sepanjang perjalan bisa menikmati indahnya alam sekitar.

Rencananya, disamping sebagai tujuan wisata religi, di lintasan sungai sepanjang 2 kilometer akan dibangun arena bermain anak-anak dilengkapi dengan river dubbing track yang bermuara di Pidengan Banjar Selanbawak Kelod. “Kami juga akan kembangkan wisata trecking” Imbuh Daryanta. (*/P)

Komentar